Rabu, 06 Mei 2020

Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib tentang Ujian Hidup




Artiten - Kata Mutiara Ali bin Abi Thalib tentang Ujian Hidup menjadi salah satu motivasi terbaik dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan cobaan. Seperti Kata Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajha

"Angin tidak berhembus untuk menggoyahkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya".

Dalam hal ini bisa kita pelajari dan menjadikan salah satu motivasi bahwa ujian dalam hidup itu sudah lah hal yang wajar. Sepertii hal nya meneladani dari Kisah Teladan Kesabaran Nabi Ayyub AS yang mana di dalam kehidupan Nabi Ayyub menerima cobaan yang begitu hebatnya, Akan tetapi beliau masih tetap bertahan dalam keteguhan imannya sehingga mendapati kedudukan yang mulia di Sisi Allah SWT.

Kata-kata sahabat Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Ali bin Abi Thalib memiliki banyak makna dan hikmah yang bisa kita jadikan motivasi diri dalam menjalankan kehidupan. Bahwa ujian Tersebut datang bukan untuk menyiksa diri, namun untuk menguji seberapa kuat keteguhan keimanan seseorang dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi. Seperti yang telah kita ketahui Kisah Teladan Dari Pemuda Ashabul Kahfi, 7 orang pemuda yang kala itu di perintah oleh sang raja untuk mengikuti ajaran raja nya. Akan tetapi pemuda-pemuda tersebut tetaplah berpegang teguh pada apa yang ia imani.

Jaman sekarang financial harta adalah sebagai ukuran kebahagiaan hidup. Padahal sebagai orang yang beriman, sudah tentu kedua nya menjadi Ujian Hidup. Baik bagi si miskin maupun si kaya, kedua nya sama di mata Allah SWT, Hanya takwa lah yang menjadikan derajat yang mulia di sisi Allah. Ujian orang miskin yaitu sabar dengan apa yang telah di tetapkan Allah kepadanya, pun ujian bagi orang kaya yakni mengendalikan hawa nafsu nya, mengendalikan harta nya.

Oleh karena itu pentingnya mempunyai pendirian dan keteguhan hati yang kuat untuk menerima semua ujian, seperti kata Ali bin Abi Thalib "Angin berhembus untuk menguji akarnya. Pondasi yang kuat untuk hidup yang lebih bermartabat, Selalu berjuang serta berdoa adalah bentuk ikhtiar yang paling baik bagi seorang muslim yang beriman.

Tidak ada komentar:
Write komentar