Senin, 04 Mei 2020

Kisah Teladan Pemuda Ashabul Kahfi

https://artiten.blogspot.com/
Kisah Teladan Pemuda Ashabul Kahfi


Artiten - Kisah Teladan Pemuda Ashabul Kahfi menjadi salah satu cerita yang begitu populer di kalangan masyarakat, bahkan kisah tersebut diangkat oleh Allah di dalam kitab suci Al-Qur'an "Ingatlah ketia sekelompok pemuda masuk ke dalam gua, mereka berkata, "wahai Rabb kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan sediakanlah kelurusan dalam urusan kami."(QS.Al-kahfi:10). Atas izin Allah Ta'ala pemuda-pemuda ini ditidurkan dalam gua selama ratusan tahun untuk menghindari kejahatan pada masa kerajaan Raja Diqyanus Romawi beberapa ratus tahun sebelum Allah mengutus Nabi Isa AS.

Bagaimanakah kisahnya? dan apa pula hikmah dibalik kisah ini?
Bermula dari sekelompok pemuda berjumlah tujuh orang yang tidak mengikuti perintah raja untuk menyembah berhala, mendengar hal tersebut sang raja akhirnya mengutus utusan nya untuk memanggil dan memerintahkan mereka untuk segera mengikuti kepercayaan sang raja.

Seketika Ashabul Kahfi menolak dengan tegas perintah sang raja dan lari menjauh dari kerajaan. Sang raja memerintahkan anak buahnya untuk mengejar dan membunuh ke tujuh pemuda ini. Akan tetapi, ketujuh pemuda ini dapat melarikan diri dan selamat dari kejaran pasukan raja dengan bersembunyi di sebuah  gua. Mereka tertidur melewati 309 tahun lebih, Allah memerintahkan seekor anjing untuk menjaganya. Ketika mereka terbangun, mereka keluar dari gua dan hendak membeli makanan. Mereka mengeluarkan sebuah Uang untuk membeli makanan tersebut, akan tetapi uang tersebut tidak laku dan penjual pun menyadari bahwa uang tersebut berasal dari 309 tahun lebih.

Kisah mereka merupakan sala satu keajaiban dan kekuasaan Allah SWT untuk menjadi tuntunan dalam keteguhan dan berpegang teguh pada keimanan yang lurus. Allah sengaja membuat takdir mengangkat kisah Ashabul Kahfi ini untuk menjadi pelajaran bagi manusia di era selanjutnya, supaya mampu mempertahankan keimanan dan selalu berpegang teguh terhadap apapun bahkan nyawa taruhannya. Dan Allah memberikan pertolongan kepada hamba-Nya yang selalu berpegang teguh pada kebenaran keimanan. Kisah ini juga memiliki banyak hikmah yang bisa kita ambil, beberapanya yakni :

1. Seorang manusia hendaknya selalu berlindung kepada Allah dan berpegang teguh pada kebenaran. Yakin Bahwa Allah SWT akan menolong hamba-Nya yang selalu ingat kepadanya.
2. Dalam kisah tersebut betapa sangat cinta nya pemuda-pemuda tersebut dengan agama mereka dan mempertahankannya, mempertahankan kehormatannya. Dan Allah pun menyukai pemuda yang gemar dan cinta terhadap Agama.
3. Dalam kisah ini, dianjurkan kepada seluruh umat manusia untuk selalu berhati-hati atau mengasingkan diri dari tempat yang menimbulkan fitnah, tempat yang membawa kejahatan, dan menghindari dari hal-hal yang membawa kedalam jurang kemaksiatan sehingga aqidah menjadi luntur.

Semoga Khususnya para pemuda pemudi terbuka dan memperoleh hidayah Allah yang dapat diterapkan di rumah, sekolah, kampus, tempat kerja maupun di masyarakat. menjadi pemuda-pemudi yang berani, berpegang teguh pada kebenaran dan mempunyai hati yang kuat serta yakin akan pertolongan dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:
Write komentar